Asuransi Merupakan Jaring Pengaman Sosial

Di masyarakat kita ada golongan yang disebut kelas menengah. Mereka cukup kaya sehingga tidak layak menerima bantuan sosial, tapi tidak sangat kaya untuk mampu menanggung semua musibah sendirian. Golongan ini butuh asuransi dan mampu membayarnya.

Jika ada orang miskin sakit, dia bisa minta bantuan pemerintah atau lembaga sosial. Bahkan beberapa pemda menggratiskan biaya rumah sakit jika orang itu mau dirawat di kamar kelas 3.
Tapi jika orang kaya sakit, dan gaya hidupnya tidak memungkinkan dia masuk kamar kelas 3, siapa yg bisa dia harapkan bantuan?

Dalam lingkup mikro (individu), seseorang boleh saja berkata kecil kemungkinan dia sakit. Tapi dalam lingkup makro (masyarakat, negara), orang sakit selalu ada, rumah sakit selalu kedatangan pasien baru setiap hari, dan mereka semua butuh dana.
Pemerintah telah menyediakan anggaran utk kesehatan, tapi tidak cukup dan tidak semua rakyat berhak menerimanya.
Demikian pula banyak lembaga sosial, seperti lembaga ZIS (zakat, infak, sedekah), yang memiliki program untuk membantu orang sakit, tapi lembaga-lembaga ini hampir semuanya fokus pada masyarakat bawah.
Untuk kalangan menengah, satu-satunya lembaga yang bisa membantu ketika mereka sakit ataupun terkena musibah lainnya adalah perusahaan asuransi.
Pemerintah akan sangat terbantu ketika semakin banyak masyarakatnya yang memiliki asuransi.

Asuransi itu jaring pengaman sosial. Tugas pemerintah menyediakan jaring pengaman sosial bagi warganya. Tapi pemerintah akan terbantu jika semakin banyak orang yg ikut asuransi secara mandiri. Dengan demikian, dana jaring pengaman sosial yg telah dianggarkan bisa difokuskan untuk membantu warga yg betul-betul tidak mampu.

Copas dari Facebook Asep Sopyan

#MariBerasuransi
#AsuransiSyariah
#AllianzSyariah

KONSULTASI GRATIS, Hubungi

Muhamad Ridwan

087772501195

Tentang mred_one

Agen Asuransi Allianz Syariah. Berdomisili di Bandung. M. Ridwan No HP/WhatsApp: 087772501195 Facebook : Mas Afwan Ridwan IG : MasAfwanRidwan
Pos ini dipublikasikan di Edukasi Asuransi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s